menuku

Rabu, 04 November 2015

bursan

Busan, yang secara resmi ditulis Busan Metropolitan City merupakan salah satu kota yang terletak di bagain tenggara Korea Selatan, dan merupakan kota terbesar kedua setelah ibukota Seoul. Dipadati oleh sekitar 3.6 juta penduduk, Busan juga merupakan kota pelabuhan tersibuk di Korea Selatan dan menjadi pelabuhan tersibuk kelima di dunia.
Kota yang terbagi dalam 15 distrik ini merupakan tuan rumah dari Asian Games 2002 serta konferensi APEC 2005 Korea. Di tahun 2005, Busan mengajukan diri untuk menjadi host dari ajang 2020 Summer Olympics Games, namun tidak berhasil. Busan akan kembali mengajukan diri untuk menjadi host ajang yang sama untuk tahun 2032 atau 2036.
Busan memiliki pantai terbesar di korea selatan yang terdapat di distrik Haeundae, sungai terpanjang yakni sungai Nakdong, serta department store terbesar di dunia yaitu Shinsegae Centum City.
Berikut beberapa tempat menarik yang dapat kalian kunjungi di Busan:
Sungai Nakdong
Nakdong
Sungai Nakdong merupakan sungai terpanjang di Korea Selatan, yang mengalir dari gunung Taebaek menuju laut selatan yang memisahkan Korea Selatan dengan Jepang. Sungai yang melintasi kota Daegu dan Busan ini memiliki panjang total 506 kilometer.
Kuil Beomeosa
beomeosa
Kuil yang dibangun oleh raja Munmu dari kerajaan Shilla di tahun 678 ini merupakan salah satu dari tiga kuil ternama di Tenggara, bersama dengan kuil Haeinsa dan Tongdosa. Beberapa aset dari kuil ini seperti pagoda tingkat tiga dan bangunan utama kuil telah menjadi aset berharga bagi negara.
Taman Yongdusan
yongdusan
Merupakan taman yang paling terkenal di Busan, yang juga sering digunakan untuk shooting film dan drama yang biasa kita saksikan di layar kaca. Selain itu, tempat ini juga menjadi tongkrongan kawula muda serta untuk menyaksikan beberapa penampilan seperti demonstrasi street taekwondo, musik tradisional, serta menjadi tempat ajang kebudayaan lainnya.
Pasar Jagalchi
jagalchi
Pasar Jagalchi adalah pasar seafood terbesar di Korea Selatan. Banyak orang yang mampir ke Busan hanya untuk mampir ke pasar ini. Pasar Jagalchi setiap harinya menyediakan ikan, kepiting, belut, gurita, dan hidangan laut segar dengan harga yang bersahabat.
Jalan Nampodong
Nampodong
Bagi kalian yang suka menonton film dan teater, jalan Nampodong cocok menjadi tujuan utama. Sepanjang jalan yang menjadi tempat untuk “Busan International Film Festival” ini dipenuhi oleh bioskop, dan akan sangat ramai di bulan Oktober karena biasanya beberapa film lokal maupun internasional mulai ditayangkan untuk festival film tahunan. Jalan ini juga memiliki lokasi yang cukup strategis, berdekatan dengan pasar Jagalchi dan ArcadeChoryang. Beberapa restoran dan toko pernak-pernik yang unik juga tersebar di sepanjang jalan ini.
Shinsegae Centum City Department Store
 shinsegae
Shinsegae Centum City Department Store merupakan salah satu bagian dari Centum City, sebuah multi-project urban development yang dikembangkan di distrik Haeundae. Cabang Shinsegae di tempat ini telah terdaftar di dalam Guinness Book of World Records sebagai shopping complex terbesar di dunia. Selain gerai-gerai belanja yang sangat lengkap, Shinsegae Centum City juga menyediakan fasilitas lainnya seperti spa dan ice rink.

Dan berikut beberapa makanan khas yang dapat kalian cicipi di Busan:
Haemultang
Haemultang
Haemultang merupakan rebusan hidangan laut seperti kepiting, ikan, cumi-cumi yang ditemani oleh sayuran segar. Hidangan ini biasanya direbus langsung di meja, dan sayuran diangkat sebelum kuahnya matang. Haemultang cocok disajikan dengan saus asam manis.
Donglae Pajeon
pajeon
Pajeon pada dasarnya adalah sebuah panekuk daun bawang. Namun, pajeon yang tersedia di Donglae Open Market berbeda dari pajeon kebanyakan. Sebagai kota pesisir yang dekat dengan laut, pajeon yang dihidangkan juga terasa “dekat” dengan lautan karena berisikan cumi, kerang, tiram, dan bahan hidangan laut lainnya. Pajeon ini biasa dihidangkan dengan makgeolli, anggur beras tradisional Korea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar